Responsive Ad Area

Share This Post

Farmakologi

Manfaat Laktulosa

Manfaat Laktulosa

Haii guyss , kali ini saya membahas tentang manfaat laktulosa . seperti yang kita ketahui laktulosa bermanfaat untuk mengatasi konstipasi. untuk mengetahui lebih lanjut yukk baca artikel ini.

manfaat laktulosa dalam aplikasi medis

Ensefalopati hepatik

Laktulosa berguna dalam mengobati hiperammonemia yang disebabkan oleh ensefalopati hepatik, karena laktulosa membantu “mengeluarkan” ammonia (NH3) dari tubuh. Laktulosa berguna untuk mencegah hiperammonemia disebabkan sebagai efek samping pemberian Depakote.

Efektivitas laktulosa dalam mengobati enselopati hepatik agak kontroversial. Namun, laktulosa dapat dengan efektif digunakan sebagai profilaksis enselopati hepatik pada pasien dengan sirosis hati.  Lagi pula, penelitian terbaru menunjukkan memperbaiki fungsi kognitif dari pasien sirosis dengan enselopati hepatik yang minimal yang diobati dengan laktulosa.

aplikasi dalam pangan 

Laktulosa juga merupakan bumbu pada makanan, yang dikenal  sebagai galaktofruktosa, dengan rasa manis dan menawarkan manfaat yang menguntungkan bagi kesehatan  pencernaan. Galaktofruktosa ialah sejenis susu yang berasal dari disakarida yang diperoleh melalui isomerisasi sederhana laktosa. Laktulosa diakui untuk mutu pencernaannya oleh Otoritas Keamanan Pangan Eropa (European Food Safety Authorities, disingkat EFSA) dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan Korea (Korean Food & Drug Administration—disingkat KFDA).

Manfaat bagi Kesehatan

Efek transit

Galaktofruktosa memberikan transit yang lebih aman pada orang yang sehat. Hasil ini dari kombinasi efek-efek yang berbeda, pada tingkat saluran usus yang berbeda.  Sebelum galaktofruktosa digunakan oleh bakteri usus, ia menggunakan aksi osmotik dalam usus kecil. Ia menarik air ke dalam lumen usus, dengan demikian meningkatkan volume kotoran/tinja. Ini pada gilirannya mempunyai efek merangsang terhadap muskulatur usus dan merangsang pergerakan isi perut. Selain itu, di dalam kolon, biomassa total, volume tinja dan tekanan osmotik ditingkatkan  dan pH diturunkan, hasilnya pergerakan isi perut dipercepat dan waktu transit diperpendek.

Konsumsi harian yang teratur galaktofruktosa mengoptimalkan berfungsinya saluran usus dengan mengatur transit usus. Beberapa faktor dalam diet dan gaya hidup mengakibatkan gangguan pada usus kecil, seperti keadaan sembelit sekali-sekali. Waktu transit usus yang lambat menyebabkan tidak nyaman dan telah dilaporkan sebagai faktor yang memunculkan penumpukan zat-zat racun dalam organisme. Pengaturan waktu transit usus, khususnya pada orang dengan transit lambat, memperbaiki seluruhnya—kualitas hidup dengan baik.

Efek bifidogenik/prebiotik

Galaktofruktosa diperoleh dari gula susu laktosa melalui isomerisasi glukosa dengan fruktosa, dan terdiri dari rantai galaktosa melalui rantai ß-1,4 dengan fruktosa. Galaktofruktosa tidak didefinisikan  sebagai serat di Eropa disebabkan derajat polimerisasinya yang rendah (DP2). Namun, ia banyak manfaat terhadap kesehatan yang menempel pada serat sebagai ikatan ß-1,4 antara galaktosa dan fruktosa yang tidak bisa diurai oleh enzim pencernaan hewan atau manusia.

Sebagai hasil ia tetap tidak tercerna hingga ia banyak di usus. Di dalam kolon, galaktofruktosa merupakan sumber energi bagi bakteri sakarolitik yang bermanfaat seperti Bifidobacteria dan Lactobacilliyang dapat memetabolisme galaktofruktosa untuk menghasilkan asam lemak berantai-pendek. Galaktofruktosa berfungsi sebagai prebiotik di dalam mikroflora kolon, yang meningkatkan jumlah bifidobacteria dan memperbaiki waktu transit  pada sukarelawan kesehatan: ini adalah efek bifidogenik.

Efek bifidogenik memulai sejumlah manfaat kesehatan gastrointestinal dan sistemik yang mungkin terkait dengan sistem kekebalan yang diperkuat, memperbaiki fungsi penghalang usus dan mengurangi kepekaan terhadap penyakit.

Keuntungan lain

Efek kesehatan galaktofruktosa tidak terbatas pada kesehatan usus karena ia dapat juga digunakan untuk merangsang penyerapan kalsium dan magnesium.

Aplikasi

Galaktofruktosa tersedia secara komersial baik dalam bentuk cair sebagai sirup jernih kekuningan, tidak berbau, atau dalam bentuk padat sebagai bubuk putih amorf, yang sangat larut dalam air. Ini tidak memiliki rasa tapi menunjukkan rasa manis yang setara dengan 0,6-0,8 (manisnya sukrosa) dan sangat stabil pada suhu tinggi dan kondisi pH rendah.

Serangkaian tes juga telah dilakukan pada yoghurt, minuman yoghurt, minuman multi-jus dan produk roti termasuk sereal batangan, sarapan sereal, biskuit dan bahkan es krim untuk mempelajari perilaku galaktofruktosa selama pengolahan dan efeknya terhadap sifat sensorik. Dalam setiap aplikasi itu terbukti untuk proses baik karena kelarutan bubuk ini dan viskositas sirup yang seimbang.

Adanya galaktofruktosa tidak memiliki efek utama atas sifat-sifat sensorik, warna dan tekstur, sehingga produsen dapat juga mempertimbangkan memasukkan dalam aplikasi lain seperti minuman, sediaann buah atau dalam persediaan untuk bayi.

Efek Samping

Ketika digunakan pada dosis rendah dan sebagai zat tambahan makanan, galaktofruktosa diketahui dapat diterima dengan baik, dengan efek samping yang terbatas, serupa dengan banyak produk makanan.

Pada dosis tinggi, dalam penggunaan farmasi, efek samping umum dari laktulosa ialah kram perut, borborygmus, gas dan perut kembung tajam yang pada beberapa orang mengalami kesulitan mengontrol dalam suasana sosial. Dosis yang terlalu tinggi dapat menyebabkan diare eksplosif dan tak terkendali. Pada individu normal, overdosisdianggap tidak nyaman, tapi tidak mengancam kehidupan. Mual dan muntah adalah efek samping biasa yang tidak biasa.

Pada orang-orang yang peka, seperti orang tua atau orang dengan penurunan fungsi ginjal, kelebihan dosis laktulosa dapat menyebabkan dehidrasi dan gangguan elektrolit seperti kadar natrium tinggi.

Meskipun laktulosa memiliki potensi tidak menyebabkan karies gigi dibandingkan sukrosa, namun ada potensi minimal karena merupakan gula. Hal ini harus dipertimbangkan ketika diasup oleh orang-orang dengan kerentanan tinggi terhadap kondisi ini.

Meskipun manfaatnya banyak, namun yang namanya produk sintetik, tetap saja ada efek sampingnya, yang tidak mungkin dielak. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi kita semua

 

Sumber : https://wawasanilmukimia.wordpress.com/2013/12/21/laktulosa-disakarida-sintetik-untuk-sembelit/

Share This Post

Sukses adalah berani bertindak dan punya prinsip

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Register