Responsive Ad Area

Share This Post

Seputar Farmasi

Apa itu DHA (Docosahexaenoic Acid)?

Apa itu DHA (Docosahexaenoic Acid)?

Hai lucky people,,,!!

Beberapa dari kalian pasti pernah mendengar yang namanya DHA. DHA merupakan asam lemak tak jenuh rantai panjang golongan omega-3, yang banyak dijumpai di otak dan retina mata, sehingga sangat penting untuk fungsi penglihatan. DHA dibuat dari senyawa induknya yaitu asam linolenat atau ada yang menyebutnya sebagai ALA (alpha linolenic acid).

Sebelum menjadi DHA, ALA akan diubah dulu menjadi eicosapentaenoic acid (EPA). Hampir semua merk susu formula yang kucatat menambahkan pula asam linolenat atau omega-3 ini dalam komposisinya, dalam berbagai variasi kadar. Perbandingan antara omega-3 : omega-6 rata-rata 1: 8-10. Sedangkan untuk DHA, sebagian besar merk susu menambahkan DHA disamping omega-3 itu sendiri.

DHA memiliki beberapa manfaat yaitu:

  • Perkembangan retina mata
  • Menjaga kesehatan hati
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan DHA terdapat dalam Ikan Salmon, Ikan Tuna, Ikan Teri, Hati (hati sapi dan hati unggas), Minyak Ikan dan Kuning Telur.

Sumber:

id.wikipedia.org
manfaat.co.id

Ini adalah contoh dus obat yang dibuat oleh anak smk farmasi ikifa (ameil) yang mengandung DHA yang berkhasiat sebagai multivitamin.

Share This Post

Tetap berpikir positif dan selalu optimis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Register