Responsive Ad Area

Share This Post

Seputar Farmasi

Tahukah kamu Manfaat Dextromethorphan HBr

Tahukah kamu Manfaat Dextromethorphan HBr

Dextromethorphan adalah obat yang dapat digunakan untuk meredakan batuk kering yang muncul akibat infeksi tertentu, seperti flu atau sinusitis. Dextromethorphan bekerja dengan cara menekan dorongan untuk batuk yang berasal dari otak.
Dextromethrophan tidak cocok digunakan untuk mengatasi batuk berdahak. Selain itu, obat ini juga tidak boleh digunakan untuk batuk jangka panjang yang mungkin disebabkan oleh bronkitis kronis, asma, emfisema, atau kebiasaan merokok.
Peringatan:
• Bagi wanita yang merencanakan kehamilan, sedang hamil, dan menyusui, penggunaan dextromethorphan harus dengan anjuran dokter.
• Jangan memberikan dextromethorphan pada anak-anak di bawah usia 4 tahun. Senantiasa tanyakan kepada dokter sebelum memberikan obat pilek atau obat batuk pada bayi dan anak-anak.
Dosis Dextromethorphan
Dextromethorphan merupakan salah satu bahan yang dicampurkan dalam berbagai obat batuk, flu, dan pilek. Dosis penggunaan obat ini tidak sama untuk tiap bentuk obat dan dapat dilihat pada masing-masing kemasan. Berikut adalah contoh dosis yang biasanya dianjurkan:
Bentuk obat Dosis
Sirup 10-20 mg tiap 4 jam
Permen pelega tenggorokan (lozenges) Maksimal 10 butir dalam sehari
Mengonsumsi Dextromethorphan dengan Benar
Gunakanlah dextromethorphan sesuai keterangan pada kemasan dan tanyakan pada dokter jika Anda ragu.
Dextromethorphan dapat diminum sebelum atau sesudah makan. Selama menggunakan obat ini, pasien dianjurkan untuk menghindari konsumsi minuman keras guna mencegah risiko efek samping.
Penderita diabetes sebaiknya berhati-hati dan memantau kadar gula darah selama mengonsumsi dextromethorphan karena beberapa jenis produk obat ini mengandung glukosa.
Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya.

Sumber : https://www.alodokter.com/dextromethorphan

ini adalah contoh dus obat yang dibuat oleh kami anak SMK FARMASI IKIFA ( Regina ) yang mengandung dextromethorphan HBr yang berkhasiat sebagai pereda batuk kering (antitusif)

Share This Post

Sukses bukanlah milik orang yang tak pernah gagal melainkan milik orang yang tak pernah menyerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Register