Responsive Ad Area

Share This Post

Kesehatan dan Keselamatan

Apa Itu Bromexin Hcl

Apa Itu Bromexin Hcl

Bromhexine merupakan obat dari golongan mukolitik (obat yang dapat membantu menurunkan kekentalan sputum, khususnya dari saluran napas bagian bawah) yang berasal dari turunan sintetik alkaloid tumbuhan Adhatoda vasica. Olehkarena fungsi diatas, obat ini diindikasikan untuk pasien dengan radang pada bronkus baik akut maupun kronik (emfisema, bronkitis, dan chronic asthmatic bronchitis).

Penggunaan bersamaan dengan antibiotik diperlukan saat serangan akut radang bronkus. Selain itu, pemberian bersamaan dengan antibiotik terutama amoxicillin, cefuroxime, erythromycine, dan doksisiklin meningkatkan efek kerja antibiotik di paru – paru.

Setelah diminum, obat ini bekerja dalam waktu setengah jam sampai 1 jam kemudian. Efek obat ini dapat dilihat dengan semakin bertambahnya volume dari sputum yang dihasilkan yang biasanya lebih nyata lagi dalam waktu 2 – 3 hari setelah penggunaan obat ini. Obat ini tidak dapat memperbaiki fungsi pertukaran gas di paru, hanya membantu dalam mengatur kekentalan cairan / sekret pada bronkus.

Olehkarena efek samping yang akan dijelaskan berikutnya, beberapa sumber menyebutkan penderita dengan ulkus peptikum sebagai pasien yang dikontraindikasikan menerima obat ini. Selain itu, pemberian terhadap pasien dengan tuberkulosis aktif atau pasien dengan gangguan pada hati yang parah perlu mendapatkan perhatian khusus. Penggunaan obat ini pada ibu hamil dan menyusui jika dapat dihindari sebaiknya dihindari karena penelitian masih terbatas walaupun penelitian pada hewan tidak menunjukkan efek yang berbahaya. Ambroxol merupakan derivat sintetik dari Bromhexine yang dapat digunakan sebagai alternatif jika obat ini tidak ada.

Ini adalah contoh dus obat yang dibuat oleh anak smk farmasi ikifa (muthia) yang mengandung bromexin hcl yang berkhasiat

Meredakan radang pada bronkus baik akut maupun kronik.

Share This Post

Kepribadian yang mulia adalah mutiara yang tak ternilai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Register