Responsive Ad Area

Share This Post

Kesehatan dan Keselamatan

Mengenal Diet Ketofastosis

Mengenal Diet Ketofastosis

Hallo everyone..!!

Kali ini aku mau membahas tentang  Diet Ketofastosis. Kira kira diet ketofastosis itu apa ya dan apakah diet ini berbahaya?.

Jadi diet ketofastosis merupakan gabungan dari diet ketogonik dan fastosis. Jika ketogenik merupakan sebuah pola makan rendah karbohidrat, tinggi lemak, dan protein sedang. Maka fastosis adalah “fasting on ketosis ” yang artinya puasa dalam keadaan ketosis. Lamanya puasa berkisar dari 6 – 12 jam, bahkan lebih yang bergantung kondisi tubuh masing-masing individu. Sebenarnya, fastosis adalah usaha mengembalikan pola hidup manusia sebenarnya, yang akan menghasilkan pola makan yang diperlukan untuk mempertahankan kondisi metabolisme lemak yang optimal.

Keadaan ketosis adalah kondisi di mana liver memproduksi ‘ketone’ untuk digunakan sebagai bahan bakar atau energi yang digunakan seluruh tubuh terutama otak. Ketosis ini terjadi ketika tubuh tidak lagi ada asupan karbohidrat sebagai sumber makanan untuk diproses menjadi energi.

Meskipun tinggi lemak, namun ketofastosis ini diklaim efektif membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan lemak yang masuk ke dalam tubuhlah yang dibakar menjadi sumber energi.

Ahli Gizi Leona Victoria menjelaskan, diet ketofastosis kuncinya adalah mengganti sistem metabolisme tubuh, dari yang menggunakan karbohidrat sebagai bahan bakar utama menjadi lemak. Saat tubuh memetabolisme karbohidrat, kelebihan lemak akan langsung disimpan menjadi fat storage. Namun saat kita ganti cara kerja metabolismenya, hampir tanpa karbohidrat, maka lemak yang masuk akan menjadi sumber fuel utama. Jadi lemak yang dikonsumsi tersebut akan dipakai dan bukan disimpan dalam tubuh dan menjadi pemicu terjadinya penyakit.

Diet ketofastosis ini tidak seperti metode diet lain, ketofastosis membutuhkan komitmen dan niat dari yang menjalaninya. Artinya, diet ini harus dilakukan seumur hidup. Karena, diet ini mengubah secara total pola makan. Jadi jika kalian bolak-balik melakukan diet ini, akibatnya akan merusak metabolisme tubuh. Nah seharusnya diet ini  bersifat permanen. Ga bisa on dan off seenak enaknya aja.

Lalu apakah efek diet ketofastosis?

Umumnya orang yang akan menjalankan diet ini akan mengalami “healing crisis”, yaitu sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi-kondisi tidak enak yang terjadi saat seseorang mengubah sistem metabolisme. Kondisi tidak enak yang dimaksud disini  adalah berupa timbulnya jerawat parah akibat mengonsumsi lemak berlebih, kulit gatal-gatal, kulit kering, ketombe,mual, bahkan lemas.Harus dipahami, bahwa mengubah metabolisme tubuh berarti juga akan berdampak pada pergantian sel-sel tubuh untuk menyesuaikan dengan cara kerja yang baru. Itu sebabnya, muncul healing crisis. Lamanya kondisi ini berbeda-beda pada setiap orang. Ada yang mengalami penyesuaian dengan cepat, ada juga yang lebih lama.

Jadi kalo menurut aku. buat kalian para pecinta diet, berhati hatilah dan cari info sedalam dalamnya dulu mengenai jenis diet apapun itu yang akan kalian jalani.

Sekian artikel dari aku ini. buat kalian yang sudah mau membaca terimakasih yaa, semoga bermanfaat.

Sumber :

https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/894794-mengenal-diet-ketofastosis-efek-baik-dan-buruknya

https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/beda-diet-ketogenik-dan-diet-ketofastosis/

 

 

 

Share This Post

Be Yourself

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Register