Responsive Ad Area

Share This Post

Kesehatan dan Keselamatan

Adakah Yang Tahu Apa Itu ISPA??

Adakah Yang Tahu Apa Itu ISPA??

Hallo everyone…!!

Kembali lagi ke artikel aku ini, kali ini aku mau bahas tentang ISPA. Nahh, kira kira adakah yang sudah tau apa itu ISPA?? . Daripada kalian penasaran lebih baik kita simak langsung aja yuukk..

Jadi, ISPA merupakan kepanjangan dari  Infeksi  Saluran Pernafasan Akut. ISPA adalah penyakit yang menyerang salah satu bagian dan atau lebih dari saluran napas mulai dari hidung (saluran atas) hingga alveoli (saluran bawah) termasuk jaringan adneksanya,seperti sinus,rongga telinga tengah dan pleura.

Kira kira yang termasuk ke dalam infeksi saluran pernafasan itu apa aja sih?

Disini infeksi saluran pernafasan dibagi  menjadi  2 yaitu :

  1. Saluran napas bagian atas
  2. Saluran napas bagian bawah

Yang termasuk dalam infeksi saluran napas bagian atas adalah batuk pilek biasa,sakit telinga, radang tenggorokan, influenza,bronchitis, dan juga sinusitis. Sedangkan infeksi  yang menyerang bagian bawah saluran napas seperti paru itu salah satunya adalah pneumonia. Salah satu penyebab utama kematian bayi dan anak balita adalah penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut ( ISPA) yang diakibatkan oleh penyakit pneumonia ( infeksi paru yang berat). ISPA yang berlanjut menjadi Pneumonia ini umumnya terjadi pada anak kecil, terutama apabila terdapat gizi yang kurang ditambah dengan keadaan lingkungan yang tidak sehat, seperti contohnya terdapat asap rokok di dalam rumah, atau terhadap polusi.

PATOFISIOLOGI

Perjalanan alamiah penyakit ISPA dibagi 4 tahap yaitu :

  1. Tahap prepatogenis : penyebab telah ada tetapi belum menunjukkan reaksi apa apa.
  2. Tahap inkubasi : virus merusak lapisan epitel dan lapisan mukosa.Dalam hal ini tubuh menjadi lemah apalagi bila keadaan gizi dan daya tahan sebelumnya rendah.
  3. Tahap dini penyakit : dimulai dari munculnya gejala penyakit,timbul gejala demam dan batuk
  4. Tahap lanjut penyakit : dibagi menjadi  4 yaitu dapat sembuh sempurna,sembuh dengan atelektasis,menjadi  kronos dan meninggal akibat pneumonia.

Lalu bagaimana cara pencegahan ISPA?

Pencegahan ISPA dapat dilakukan dengan :

  1. Menjaga keadaan gizi agar tetap baik
  2. Immunisasi
  3. Menjaga kebersihan perorangan dan lingkungan
  4. Mencegah anak berhubungan dengan penderita ISPA

Okee jadi Cuma ini yang bisa aku kasih tau ke kalian semua. Terimakasih yaa bagi yang  sudah mau membaca, semoga bermanfaat.

Sumber : Buku penyuluhan kesehatan

Share This Post

Be Yourself

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Register