Responsive Ad Area

Share This Post

Responsi & Ilmu Resep

Calaminum

Calaminum

Apakah kalian tau apa itu CALAMINUM dan terdapat di buku apakah CALAMINUM itu?.. Oke jadi mari simak aja yuuukk..

CALAMINUM atau Kalamin itu terdapat di buku Farmakope indonesia edisi 3 dan tercantum di halaman 119

Kalamin adalah seng subkarbonat basa, mengandung tidak kurang dari 98,0% ZnO, dihitung terhadap zat yang telah dipijarkan.

Pemerian serbuk halus ; merah jambu; tidak berbau;praktis tidak berasa.

Kelarutan prkatis tidak larut dalam ari tetapi larut dalam asam mineral.

Identifikasi A. Campur 1 g dengan 10ml asam klorida encer P, panaskan hingga mendidih, saring. Pada filtrat tambahkan larutan amonium tloslanat P; terjadi warna  kemerahan. B , campur 1 g dengan 10 ml asam klorida encer P, saring;filtrat menunjukkan reaksi  terhadap seng yang tertera pada Reaksi identifikasi.

Zat tak larut dalam asam tidak lebih dari 2,0%; pengujian dilakukan sebagai berikut: Larutkan 2 g dalam 50 ml asam klorida encer P,saring dengan penyaring yang telah ditera,cuci dengan air keringkan pada suhu 105 derajat selama 1 jam dinginkan,timbang.

Penetapan kadar timbang saksama 1,5 g yang telah dipijar,rendam hangatkan hati hati dengan 50 ml asam sulfat 1 N hingga tidak ada zat yang melarut lagi. Saring,cuci sisa dengan air panas hingga filtrat bereaksi  netral terhadap larutan lakmus P.

Penyimpanan kalamin ini yaitu Dalam wadah tertutup rapat. Dan kalamin berkhasiat sebagai penggunaan Antiseptikum ekstern.

Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat.

Sumber : Farmakope indonesia edisi 3

Share This Post

Sukses di depan mata. Jika kita ingin sukses belajarlah dari kesalahan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Register