Responsive Ad Area

Share This Post

Artikel Pilihan

Manfaat Vitamin A?

Manfaat Vitamin A?

Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Sumber Vitamin A

Hallo! artikel kali ini akan membahas tentang vitamin A, yuk kita simak.
Vitamin merupakan kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, dimana kandungan vitamin yang dikonsumsi oleh seseorang maka akan memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin itu sendiri yang membuat tubuh dan organ organnya menjadi lebih sehat dan tidak mudah rapuh.

Pengertian Vitamin A Pada Tubuh

Vitamin A merupakan salah satu vitamin yang sangat terkenal di antara vitamin yang lainnya, hal ini di karenakan vitamin A sangat di butuhkan oleh tubuh manusia. Maka, dengan jelas sekali untuk kamu yang belum mengenal lebih dekat mengenai vitamin yang satu ini di harapkan dapat menyimak dengan benar apa itu vitamin A.

Vitamin A sering juga di kenal sebagai Retinol yang mana fungsinya sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan mata dan juga membuat tubuh anda sehat dan juga dapat di jadikan bahan kecantikan yang alami. Untuk itulah sangat  penting sekali mengkonsumsi vitamin A agar kamu lebih sehat.

Kemudian vitamin A sendiri adalah salah satu jenis vitamin yang aktif dimana sangat mudah sekali larut ke dalam jaringan lemak yang kemudian akan di teruskan pada hati untuk di simpan.

Manfaat Vitamin A Bagi Tubuh Manusia

Manfaat mengkonsumsi vitamin A juga dapat baik sekali untuk mencegah penyakit kanker dan  juga gangguan mata seperti rabun yang sering sekali menimpa banyak orang saat ini yang mana di kareankan pola hidup tidak sehat dan juga.

Ditambah juga dengan  rutinitas harian yang selalu harus berhadapan dengan berbagai PC atau elektornik yang lama kelamaan dapat melemahkan fungsi mata. Jadi kamu yang telah mengalami gangguan kanker sangat di sarankan sekali untuk konsumsi sumber makanan yang mangandung vitamin A dengan kadar yang sangat tinggi.

Fungsi Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh

Vitamin A sangat di perlukan sekali oleh tubuh dalam membantu pembentukan pigmen pada mata yang mana berfungsi untuk indra penglihatan terutama dalam kondisi malam hari dimana pencahayaan yang ada pada malam hari sangatlah sedikit. Jadi vitamin A sangat penting sekali untuk organ penglihatan seperti mata.

Fungsi vitamin A yang kedua adalah untuk memberikan kesehatan untuk memperkuat tulang, untuk menjaga kesehatan gigi dan memperkuat gusi anda. Dapat memberikan kesehatan pada kulit yang akan membuat anda semakin cantik, menjaga kesehatan selaput lendir pada hidung.

Fungsi dari vitamin A selanjutnya adalah sebagi zat pengoptimal perkembangan janin dalam kandungan ibu hamil. Vitamin A sangat baik di konsumsi oleh para ibu hamil karena kandungan vitamin A mampu  melancarkan perkembangan sang janin terutama pada matanya, tulangnya dan juga kulit sang janin yang kemudian membentuk bayi.

Fungsi dari vitamin A yang selanjutnya adalah sebagai penghambat tumbuhnya sel sel kanker khususnya kanker payudara, dimana jenis penyakit mematikan yang diderita oleh para wanita ini sangat wajib diwaspadi.

Meskipun penghambatannya tidak dilakukan secara langsung, namun kandungan asam retinoat atau retinol yang terdapat dalam vitamin A, dapat menghambat timbulnya jaringan jaringan penyebab tumbuhnya sel sel kanker payudara sehingga sangat efektif mencegah kanker payudara.

Sumber Makanan Vitamin A

Sumber vitamin A ada dapat dari hal hal berikut ini diantaranya adalah sebagai berikut:

Sumber Vitamin A Nabati

Sumber vitamin A yang berasal dari tumbuh-tumbuhan meliputi: Bayam, apel, kakung, buah negeri, bayam merah, daun genjer, tumput laut, daun jambu biji, jambu mete, daun kacang panjang, kol cina, papaya, ranti, sawi, wortel dan masih banyak yang lainnya lagi.

Sumber Vitamin A Hewani

Sumber vitamin A yang berasal dari hewan meliputi : Hati, susu, ikan gabus, titang, baronang, lehoma, kepiting rajungan, sunu, dan dll

Demikianlah sangat penting sekali vitamin A hal ini di berikan untuk tubuh  agar kamu semakin sehat dan juga kuat.. Di tambah lagi ada beberapa hal harus kamu ketahui mengenai seseorang yang kekurangan vitamin A maka akan mendapatkan berbagai gangguan kesehatan seperti terserang penyakit katarak, rabun senja, kulit berisi, daya tubuh menurun, kebotakan, pusing dan sering pingsan.

Maka, untuk itulah kamu sebagai orang yang sangat menjaga kesehatan keluarga anda sepatutnya vitamin A dapat di hadirkan dalam asupan harian kamu. Contohnya untuk sarapan pagi, siang dan  malam.

Demikian artikel tentang Vitamin A ini semoga bermanfaat.

sumber : http://marriedcatpeople.blogspot.co.id/2014/03/pengertian-fungsi-manfaat-dan-sumber-vitamin-a.html

Share This Post

Kesuksesan itu dikejar bukan ditunggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Register