Responsive Ad Area

Share This Post

Obat Herbal dan Tradisional

Ini lho manfaat daun sirih

Ini lho manfaat daun sirih

Manfaat daun sirih untuk kesehatan

hallo! artikel kali ini akan membahas manfaat-manfaat daun sirih lho, yuk kita simak.

Banyak sekali manfaat dari tanaman hijau yang menjalar dan masuk dalam keluarga piperaceae ini. Beberapa manfaat daun sirih beserta cara membuatnya:

1). Mengobati penyakit asma

Caranya, siapkan 4-5 daun sirih, rebus daun tersebut dalam 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Minum rebusan tersebut dengan rutin setidaknya 2-3 gelas sehari.

2). Menyembuhkan radang tenggorokkan

Rebus 4-5 daun sirih dalam 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Minum rebusan tersebut secara rutin 2-3 gelas sehari.

3). Mengobati batuk

Manfaat daun sirih lainnya adalah untuk mengobati batuk. Rebuslah 5 daun sirih merah dalam 300 ml air, minum rebusannya 2 kali setiap hari secara teratur.

4). Mengobati penyakit Bronchitis

Untuk mengobati penyakit ini, yang Anda butuhkan adalah 6–10 daun sirih yang direbus dengan 300 ml air hingga tersisa setengahnya saja. Minum rebusan tersebut 3 kali sehari secara teratur.

5). Obat luka bakar ringan

Caranya, tumbuk 3-5 lembar daun sirih merah dengan 2 sendok teh madu. Oleskan pada luka sehari dua kali.

6). Mengobati demam berdarah

Rebus 5-6 daun sirih dalam 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Minum air rebusan 2 kali sehari secara rutin.

7). Menyembuhkan iritasi dan juga sakit mata

Manfaat daun sirih yang cukup dikenal adalah untuk mengobati iritasi dan sakit mata. Rebus 1-2 lembar daun sirih dalam 1 gelas air, tunggu sampai dingin. Gunakan air rebusan tersebut untuk mengompres atau sebagai obat tetes.

8). Melancarkan haid

Rebus 3 lembar daun sirih, 10 gram mahkota dewa, 15 gram umbi dewa dalam 2 gelas air sampai hanya tersisa 1 gelas saja. Minum rebusan tersebut 2 kali sehari.

9). Mengatasi masalah keputihan

Caranya, rebus 5 -10 daun sirih merah dalam 250 ml air. Setelah dingin, saring airnya, dan gunakan untuk membasuh daerah kewanitaan.

10). Menghilangkan bau mulut

Rebus 10-15  daun sirih dalam 4 gelas air sampai tersisa setengahnya. Gunakan untuk berkumur.

11). Obat penyakit jantung

Salah satu manfaat daun sirih adalah untuk mengobati penyakit jantung. Tumbuk 3 lembar daun sirih, 3 siung bawang merah, 1 sendok makan jintan putih, dan biji kemukus sebanyak 7 pasang, lalu ditambahi dengan sendok makan air panas. Setelah agak dingin, saring. Minum ramuan 2 kali sehari.

12). Membersihkan kuman dari mulut

Rebus 4-5 lembar daun sirih dengan 4 gelas air. Gunakan air rebusan untuk berkumur terutama setelah makan.

13). Obat gusi berdarah

Rebus 10 lembar daun sirih merah dengan 4 gelas air sampai mendidih. Gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur setidaknya 3 kali dalam sehari.

14). Mengobati sakit gusi dan sariawan

Anda cukup mengunyah 1–2 lembar daun sirih merah selama 10 menit, lakukan sebanyak  2 kali sehari.

15). Menghilangkan bau badan

Rebus 10-15 lembar daun sirih dan 1 sendok teh garam dalam 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Minum air rebusan 2 kali sehari.

Manfaat daun sirih untuk kecantikan

Selain manfaatnya dalam bidang kesehatan, daun sirih juga bermanfaat untuk kecantikan. Berikut adalah beberapa manfaat daun sirih terutama untuk kecantikan:

1). Menghaluskan kulit

Caranya, tumbuk 3–5 lembar daun sirih yang dicampur dengan air panas. Gunakan sebagai masker saat sudah hangat, lakukan minimal seminggu sekali.

2). Menghilangkan jerawat

Rebus 10 lembar daun sirih dengan 250 ml air sampai berwarna kecokelatan. Gunakan air rebusan tersebut untuk mengompres wajah setiap hari.

3). Mencegah penuaan dini

Caranya, rebus 6 lembar daun sirih merah, 100 gram kacang hijau, 10 biji kurma, dan 40 gram gingseng talinum dalam 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Tambahkan 2 sendok makan madu dan jeruk, aduk rata. Minum rebusan tersebut 2 kali sehari dalam 1 kali seminggu sebanyak 1 gelas.

4). Mencegah munculnya jerawat

Caranya, siapkan 10 lembar daun sirih, kemudian rebus dengan 200 ml air. Setelah dingin, saring air rebusan dan gunakan untuk mencuci muka.

Demikian artikel ini tentnag beberapa uraian mengenai manfaat daun sirih bagi kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat.

 

sumber   : http://manfaatsehat.id/manfaat-daun-sirih/

Share This Post

Kesuksesan itu dikejar bukan ditunggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Register