Responsive Ad Area

Share This Post

Uncategorized

Yellow fever

Yellow fever

Demam kuning adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui perantara nyamuk. Nyamuk yang membawa virus di dalam tubuhnya ini kemudian menyebarkan ke penduduk di sekitar pengidap maupun turis yang sedang mengunjungi area itu hingga menyebabkan demam dan gangguan serius pada organ hati dan ginjal. Infeksi virus yang telah merambat ke organ hati turut mengganggu fungsi organ ini sehingga menyebabkan perubahan pada warna kulit menjadi menguning.
Faktor-faktor yang mempengaruhi Demam Kuning
. Faktor Agent Demam kuning disebabkan oleh virus demam kuning yang disebut Flavivirus yang ditularkan oleh gigitan nyamuk yang terinfeksi (2,3). Nyamuk demam kuning biasanya adalah nyamuk Aedes aegypti.
Faktor Host
Manusia dan monyet merupakan binatang utama yang terinfeksi oleh virus ini.
Faktor Environment
Virus demam kuning hidup di daerah yang beriklim tropis. Sehingga Demam kuning hanya terjadi di Afrika dan Amerika Selatan di Negara yang terletak dekat khatulistiwa.
Port of entry and exit
Port of entry atau pintu masuk dari demam kuning ini adalah kulit. Sedangkan Port of exit atau pintu keluarnya juga kulit dari host karena agent/nyamuk mengigit kulit host dan menularkannya.
Transmisi
Virus demam kuning termasuk dalam kelompok arbovirus dari genus Flavivirus, dan nyamuk adalah vektor utama. Nyamuk ini akan membawa virus dari satu host ke yang lainnya, terutama antara monyet ke monyet, dari monyet ke manusia, dan dari manusia ke manusia.
Tanda-tanda & gejala
Tanda-tanda dan gejala biasanya membaik dan hilang dalam beberapa hari
Demam
Sakit kepala
Nyeri otot, terutama pada punggung dan lutut
Sensitif terhadap cahaya
Mual, muntah atau keduanya
Kehilangan napsu makan
Pusing
Mata, wajah, atau lidah merah.
tanda-tanda dan gejala memburuk dan membahayakan nyawa, seperti:
Penguningan pada kulit dan bagian putih pada mata
Nyeri pada perut dan muntah, kadang-kadang terdapat darah
Berkurangnya urinasi
Perdarahan dari hidung, mulut dan mata
Detak jantung yang pelan (bradycardia)
Gagal hati dan ginjal
Disfungsi otak, meliputi delirium, kejang dan koma.
Pengobatan Demam Kuning
Tidak ada obat antivirus yang dapat menyembuhkan penyakit demam kuning. Namun, penanganan suportif diperlukan untuk menangani gejala. Gejala umum seperti demam, sakit kepala, dan nyeri otot, dapat ditangani menggunakan obat pereda sakit, seperti paracetamol atau ibuprofen. Namun, penyakit lain yang ditimbulkan akibat komplikasi demam kuning, seperti kerusakan organ tubuh pemicu kondisi gagal ginjal tentunya membutuhkan penanganan lanjutan yang sesuai di rumah sakit.
Pencegahan Demam Kuning
Demam kuning dapat dicegah dengan pemberian vaksin yang dilakukan sebelum seseorang melakukan perjalanan ke area yang berpotensi menyebarkan demam kuning. Vaksin dapat dilakukan minimal sepuluh hari sebelum waktu keberangkatan dengan waktu ideal pemberian vaksin adalah 3-4 minggu. Usia yang aman untuk menerima vaksin ini adalah pasien dengan jarak usia antara 9 bulan hingga 60 tahun agar terlepas dari risiko penyakit radang otak hingga kematian.

Efek samping dapat berlangsung selama 5-10 hari pasca pemberian vaksin. Adapun efek samping yang dirasakan tergolong umum dan ringan, yaitu demam, sakit kepala, nyeri otot, dan kelelahan serta rasa sakit pada area bekas suntikan vaksinasi. Pada beberapa kasus yang langka, vaksinasi demam kuning dapat menimbulkan reaksi alergi, reaksi pada sistem saraf, dan bahkan kematian sehingga konsultasi kepada dokter sangat disarankan sebelum melakukan vaksinasi.

Share This Post

Memberi lebih baik daripada menerima

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Register