Responsive Ad Area

Share This Post

Peraturan

Penegertian Ketergantungan Narkotika

Penegertian Ketergantungan Narkotika

Ketergantungan Narkotika

Ketergantungan narkoba adalah suatu keadaan atau kondisi yang diakibatkan penyalahgunaan narkoba yang disertai dengan adanya toleransi zat (dosis semakin meningkat )dan gejala putus zat (withdrawal syindrome).

• Ketergantungan Fisik
Seseorang yang mengalami ketergantungan fisik akan merasakan beberapa gejala fisik yang tidak enak bila jenis narkoba tersebut dipakai dalam jangka waktu tertentu. Diagnosis ketergantungan narkoba memerlukan adanya sindrom putus atau toleransi.

• Gejala Putus Zat
Adalah gejala yang terjadi akibat penghentian atau pengurangan dosisnya. Keadaan ini menimbulkan gejala fisik yang tidak enak berupa kejang, mual, muntah, gemetar, gelisah, berkeringat dan sebagainya. Berat ringan gejala putus bergantung jenis zat, dosis, dan lama penggunaan. Makin tinggi dosis narkoba yang disalahgunakan dan makin lama penyalahgunaannya, makin kuat gejala sakitnya

• Sakau
Sakau adalah gejala putus zat karena penggunaan putauw (heroin), dan gejala sakau umumnya berlangsung hingga 4-5 hari setelah penggunaan dihentikan. Beberapa jenis narkoba lain berlangsung hingga berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan. Inilah sebabnya pecandu narkoba tidak mampu menghentikan penggunaanya. Penyalahguna narkoba perlu tetap mempertahankan keadaan normal dengan tetap menyalahgunakan narkoba.

• Toleransi
Toleransi adalah keadaan dimana dosis yang sama tidak lagi berpengaruh seperti penggunaan sebelumnya. Akibatnya, perlu penambahan dosis yang lebih besar agar mendapatkan efek yang dikehendaki. Keadaan ini menimbulkan OVERDOSIS (OD) dan meninggal.

• Ketergantungan Psikologis
Tidak semua narkoba menimbulkan ketergantungan fisik, tetapi hamper semua penyalahgunaan narkoba merasa sangat tergantung pada narkoba dan akan merasa kurang enak dan gelisah bila jenis narkoba itu tidak ada. Keadaan ini bersifat kejiwaan dan disebut Ketergantungan Psikologis.

Bersumber dari : https://bnnkgarut.wordpress.com/2012/08/03/ketergantungan-narkoba/ & Artikel by Alya Ahyana

Share This Post

Belajar dari kesalahan, jadilah pribadi yang dewasa,bijaksana dan mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Register