Responsive Ad Area

Share This Post

Kesehatan dan Keselamatan / Uncategorized

Penyebab Bau Mulut

Penyebab Bau Mulut

assalamualaikum wr.wb…

kali ini saya akan membahas mengenai penyebab bau mulut…

Meski bukan masalah medis yang gawat, bukan berarti bau mulut bisa diabaikan begitu saja. Perlu dilakukan beberapa cara untuk mengatasi bau mulut.

Bau mulut tidak sedap atau halitosis dapat disebabkan oleh beragam hal. Meski beragam, studi menunjukkan bahwa 80 persen bau mulut disebabkan oleh adanya masalah pada kesehatan gigi dan mulut seperti gigi berlubang, atau masalah gusi. Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut menjadi hal yang penting.

Penyebab Bau Mulut

Bau mulut tidak hanya disebabkan oleh masalah kesehatan gigi, gusi dan makanan yang berbau menyengat. Beberapa kondisi kesehatan lain yang bisa menjadi penyebabnya bau mulut adalah:

  • Xerostomia (mulut kering karena gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di rongga mulut)
  • Gangguan saluran pencernaan seperti infeksi oleh bakteri H.pylori dan penyakit refluk gastro-esofageal.
  • Sinusitis yang menghasilkan post nasal drip (aliran cairan kental dari rongga sinus ke tenggorokan)
  • Diabetes.
  • Gangguan hati.
  • Infeksi saluran pernapasan seperti bronkitis kronis.

Selain itu, bau mulut juga bisa disebabkan merokok, kurangnya kebersihan mulut, makanan atau minuman tertentu, dan diet yang berlebihan sehingga kekurangan karbohidrat.

ara mengatasi bau mulut secara alami dan juga medis.

1. Kayu Manis

Via onedio.com

Kayu manis memang beraroma harum dan siapa sangka jika rempah yang satu ini mengandung zat aktif yang juga bisa mengatasi masalah bau mulut. Kayu manis mengandung senyawa cinnamic aldehyde atau sejenis minyak essens alami yang mampu membunuh bakteri dalam mulut sekaligus menyegarkan nafas yang tidak sedap.

Cara pemakaian:

  • Rebus satu sendok makan bubuk kayu manis dalam 500 ml air atau jika tidak tersedia bubuk kayu manis, kamu bisa langsung merebus beberapa batang kayu manis dalam air secukupnya.
  • Setelah mendidih dan berubah warna menjadi coklat pekat, saring larutan kayu manis tersebut.
  • Gunakan larutan kayu manis untuk berkumur setelah menggosok gigi, satu hingga dua kali dalam sehari.

2. Teh Hijau

Via cancerfightersthrive.com

Banyak penelitian yang telah berhasil membuktikan khasiat teh hijau dalam mengatasi masalah mulut. Sebuah penelitian di Mesir menyebutkan bahwa mereka yang mengkonsumsi teh hijau secara rutin memiliki jumlah bakteri dalam mulut yang lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsinya. Tidak hanya itu, penelitian lain yang dilakukan di Jepang oleh Kaneko dan kawan-kawan tahun 1993 menyebutkan bahwa senyawa polifenol khususnya catechin dalam teh hijau mampu mengurangi halitosis atau bau mulut setelah dikonsumsi selama empat minggu.

Cara pemakaian:

  • Seduh daun atau kantung teh hijau dalam air hangat atau air panas.
  • Konsumsi teh tersebut seperti mengkonsumsi teh pada umumnya. Minumlah teh tersebut dua hingga tiga kali sehari.
  • Selain diminum, teh hijau juga bisa dijadikan obat kumur yang efektif untuk mengatasi masalah bau mulut.

3. Parsley

Via draxe.com

Mungkin kamu tidak menyangka bahwa tanaman parsley yang masih satu famili dengan tanaman seledri juga dapat digunakan untuk menyingkirkan masalah bau mulut. Senyawa aktif dalam daun parsley seperti klorofil terbukti ampuh menghilangkan bau mulut pada penderita halitosis atau oral malodor.

Cara pemakaian:

  • Kunyah beberapa batang daun pasrley selama beberapa menit atau campurkan dengan salad kesukaanmu.
  • Selain mengunyahnya secara langsung, kamu juga bisa membuat jus daun pasrley dengan memblender beberapa batang parley dan mencampurnya dengan perasan jeruk lemon.

4. Fenugreek

Via stylecraze.com

Kamu mungkin belum familiar dengan jenis tanaman yang satu ini. Fenugreek adalah tanaman asal Yunani yang dikenal dengan nama klabet di Indonesia. Fenugreek bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi bau mulut. Fenugreek mengandung senyawa antibakteri yang dapat membunuh bakteri dalam mulut dan menyegarkan nafas.

  • Rebus beberapa butir fenugreek atau klabet dalam segelas air selama 15 menit kemudian saring airnya.
  • Minum air rebusan fenugreek tersebut secara rutin dipagi hari atau gunakan air rebusan tersebut sebagai obat kumur hingga bau mulut berangsur-angsur menghilang.

5. Cuka Apel

Via thejakartapost.com

Asam yang terkandung dalam cuka apel dapat merangsang kelenjar saliva untuk memproduksi air liur yang dapat mengatasi masalah mulut kering. Cuka apel juga terbukti efektif mampu menyeimbangkan pH dalam mulut agar bakteri tidak dapat berkembang biak dan melakukan aktivitas pembentukan senyawa volatile sulfur compounds penyebab bau mulut.

Cara pemakaian:

  • Larutkan satu sendok makan cuka apel dalam satu gelas air.
  • Minum larutan tersebut sebelum makan untuk melancarkan pencernaan dan menghilangkan bau mulut.
  • Selain diminum, kamu juga bisa menggunakan larutan tersebut untuk berkumur setelah menggosok gigi.

Mencegah lebih baik daripada menyembuhkan bukan? Lakukan hal berikut jika kamu tidak ingin masalah bau mulut datang kembali.

1. Menyikat Gigi Secara Teratur

Membersihkan gigi dan gusi dengan cara menyikatnya secara teratur dua kali sehari dapat meminimalisir pembetukan senyawa penyebab bau mulut yang disebabkan oleh bakteri. Pilih sikat dan pasta gigi yang telah terbukti secara efektif mampu membunuh bakteri dalam mulut sekaligus menyegarkan nafas. Jangan lupa juga untuk mengganti sikat gigi dua atau tiga bulan sekali.

2. Membersihkan Lidah

Tidak hanya gigi dan gusi, lidahmu juga bisa menjadi sarang bakteri penyebab bau mulut. Saat menggosok gigi jangan lupa juga untuk membersihkan atau menggosok lidahmu terutama bagian bawahnya. Lapisan mukosa yang terbentuk pada lidah setiap hari dipenuhi oleh bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut atau halitosis jika tidak dibersihkan secara rutin.

Jangan menggunakan sikat gigi untuk membersihkan lidah, namun gunakan alat pembersih lidah khusus yang memang ditujukan untuk membersihkan lidah.

3. Hindari Makanan Pemicu Bau Mulut

Jika kamu mengidap halitosis atau bau mulut yang parah, hindari makanan yang dapat memicu bau mulut seperti bawang-bawangan dan sayuran kubis serta beberapa jenis makanan yang mengandung protein dalam kadar tinggi. Sebaliknya makanan sehat seperti wortel, apel dan buah berry yang kaya antioksidan dan serat dapat membantu mengatasi masalah bau mulut jika dikonsumsi secara rutin.

4. Pilih Produk Sugar Free

Gula adalah makanan favorit bakteri dalam mulutmu, dan mengkonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi seperti makanan manis bisa memicu produksi senyawa penyebab bau mulut. Sebaiknya hindari makanan manis jika tidak mau bau mulutmu semakin bertambah parah. Cermati juga kandungan gula pada label kemasan yang menempel pada produk makanan yang dijual dipasaran.

5. Hindari Kebiasaan Merokok Dan Minum Alkohol

Merokok dan minum alkohol adalah dua kebiasaan yang tidak hanya bisa menyebabkan berbagai penyakit serius seperti kanker dan serangan jantung tetapi juga dapat menyebabkan timbulnya bau mulut. Selain menyebabkan bau mulut, rokok dan alkohol akan menimbulkan warna kuning pada gigi dan membuat penampilan terlihat tidak menarik.

 

sekian pembahasan dari saya…semoga bermanfaat…

sumber artikel :

http://www.alodokter.com/kenali-penyebab-bau-mulut-dengan-cara-mengatasinya

13 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami Dan Medis

Share This Post

Anda tidak akan mengetahui apa itu kesuksesan sebelum merasakan kegagalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Register