Responsive Ad Area

Share This Post

Artikel Pilihan / Farmakologi / Seputar Farmasi

Plasebo, apa itu?

Plasebo, apa itu?

Plasebo adalah sebuah pengobatan medis yang tampak nyata, namun sebenarnya bukan obat sama sekali. Ini bisa berupa pil, suntikan, atau beberapa jenis lain dari pengobatan “palsu”. Kesamaan semuanya adalah bahwa “obat” ini tidak mengandung zat aktif dan tidak dapat mempengaruhi kesehatan, inilah mengapa plasebo disebut sebagai obat kosong. Bentuk plasebo tidak sebatas pil yang ditelan, namun dapat juga berupa suntikan. Bisa saja “obat” plasebo yang disuntikkan hanyalah ialah air steril biasa. Namun tak perlu khawatir, tidak ada rekayasa dalam penggunaan plasebo ini. Bila hendak dipakai dalam suatu penelitian, maka sang peneliti/dokter akan meminta persetujuan tertulis dahulu (informed-consent). Bahkan, tak jarang peneliti dan dokter adalah orang yang berbeda sehingga sang dokter pun tidak tahu mana obat sungguhan atau plasebopenelitian menggunakan plasebo pun tidak boleh sembarangan. Pasalnya, penyakit pasien haruslah masalah yang belum ada solusi standarnya sehingga tidak berbahaya bila mengonsumsi plasebo. 

EFEK PLASEBO

Studi menunjukkan bahwa efek plasebo dapat terjadi pada kondisi seperti:

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEK PLASEBO

Beberapa faktor yang mempengaruhi efek plasebo, meliputi:

  • Karakteristik obat kosong. Jika pil terlihat asli, orang yang meminumnya lebih mungkin untuk percaya bahwa itu mengandung obat. Penelitian lain menunjukkan bahwa pil berukuran lebih besar memiliki dosis yang lebih kuat daripada pil kecil, dan mereka yang meminum dua pil akan lebih cepat bereaksi dibandingkan hanya menelan satu. Umumnya, suntikan memiliki efek yang lebih kuat dibandingkan dengan pil.
  • Sikap seseorang. Jika seseorang mengharapkan pengobatan berhasil, kemungkinan efek plasebo akan lebih tinggi. Beberapa studi menunjukkan bahwa efek plasebo mungkin masih berlangsung bahkan jika orang tersebut skeptis pada keberhasilan. Kemungkinan besar, kekuatan sugestilah yang bekerja di sini.
  • Hubungan antara dokter dan pasien. Jika seseorang percaya pada dokter mereka, mereka lebih cenderung untuk percaya bahwa obat kosong tersebut akan bekerja.

Sumbernya??? Dibawah yaa :

https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/apa-itu-efek-plasebo-obat-kosong/

https://www.kompasiana.com/fransliwang/ajaib-nan-ilmiah-efek-plasebo_552cb3806ea83430598b456a

Share This Post

Belajar dari hari kemarin, hidup untuk hari ini dan berharap untuk besok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Register